Livi Zheng Dinobatkan Sebagai Ikon Apresiasi Prestasi Pancasila

Selasa, 20 Agustus 2019, 01:23 WIB
Laporan: Yelas Kaparino

Dari kiri ke kanan: Slamet Rahardjo, Livi Zheng dan Didik Nini Thowok/Ist

Bersama sineas senior Slamet Rahardjo dan penari Didik Nini Thowok,  Livi Zheng menghadiri penganugerahan Apresiasi Prestasi Pancasila 2019 yang digelar di Auditorium De Tjolomadoe, Colomadu, Karanganyar.

Slamet Rahardjo, Didik Nini Thowok dan Livi Zheng adalah bagian dari 74 ikon Apresiasi Prestasi Pancasila 2019.

Di samping menghadiri malam penganugrahan, ketiganya juga menjadi narasumber dalam Seminar Pancasila di Universitas Sebelas Maret UNS Surakarta.

Sosialisasi Pancasila di kampus ini dibutuhkan karena ada kesan selama ini ruang publik kurang menampilkan teladan. Padahal secara de facto, banyak dari perguruan tinggi sampai di masyarakat biasa yang telah menjalankan laku pancasila dengan inovasi dan berbagai terobosan.

Ke-74 Ikon Pancasila termasuk Livi Zheng ini diharapkan menjadi contoh positif bagi masyarakat termasuk kampus. Kampus menjadi sumber peradaban dan hal itu merupakan cermin ideologi pancasila.

Livi Zheng, yang film terbarunya Bali: Beats of Paradise akan tayang di bioskop mulai 22 Agustus mendatang, walau selalu sibuk berkarya namun tak pernah melupakan Indonesia.

“Sesibuk apapun pekerjaan saya di luar negeri, saya tetap cinta Indonesia. Karya-karya saya selalu menampilkan sisi keindonesiaan,” ujar Livi Zheng ketika berbicara di hadapan mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS Surakarta, Senin (19/8).

Seminar ini diselenggarakan secara bersama oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Univesitas Sebelas Maret UNS Surakarta.

"Tentunya (saya) bangga dan senang menjadi salah seorang dari 74 Ikon Pancasila dan bisa berbagi pengalaman mengenai penerapan Pancasila dalam kehidupan kepada adik-adik mahasiswa,” ujar Livi Zheng dalam keteranganm yang diterima redaksi.

Gadis asal Jawa Timur yang menyelesaikan S2 pada jurusan produksi film di University of Southern California ini mengaku, meski tinggal di Amerika Serikat, mayoritas furniture studionya dibawa dari Indonesia. Bahkan properti untuk pembuatan filmnya sebagian juga dibawa dari tanah air.

Mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS juga antusias dengan seminar ini. Tahun ini kampus UNS Surakarta memang dipilih BPIP sebagai penyelenggara. Sebanyak 12 fakultas dan satu program Pasca Sarjana UNS menggelar seminar pembumian Pancasila secara serentak.

Kolom Komentar


Video

Festival Kota Lama Semarang Kembali Digelar

Selasa, 17 September 2019
Video

Bruno Silva Kembali Perkuat PSIS Semarang

Selasa, 17 September 2019
Video

Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

Selasa, 17 September 2019