Mengaku Hanya lahir Di Indonesia, Kewarganegaraan Agnez Dipertanyakan

Agnez Mo/Net

Kasus Agnez Mo semakin melebar. Guru besar hukum internasional Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana, juga ikut memberi komentar.

Mengenai ucapan Agnez Mo yang tak punya darah Indonesia, menurut Hikmahanto, Ditjen Imigrasi harus mengecek status kewarganegaraan Agnez Mo.

Menurut Hikmahanto, ungkapan wawancara Agnez Mo bahwa ia tidak ada kaitan dengan Indonesia kecuali lahir, perlu dilakukan pengecekan status kewarganegaraannya.

Dalam UU Kewarganegaraan, Indonesia menganut kewarganegaraan berdasarkan keturunan, bukan tempat kelahiran. Oleh sebab itu, Hikmahanto mempertanyakan dari mana kewarganegaraan Indonesia yang dimiliki Agnez, terkait dengan pengakuan pelantun 'Coke Bottle' itu bahwa dia berdarah Jerman, Jepang, dan China.

"Indonesia merupakan negara penganut penentuan kewarganegaraan didasarkan pada keturunan orangtua atau ius sanguinis. Bila Agnez Mo memiliki kewarganegaraan Indonesia maka perlu dipertanyakan dari mana kewarganegaraan Indonesia tersebut didapat," ujar Hikmahanto kepada wartawan, Selasa (26/11).

Bila orang tua Agnez Mo bukan WNI, ada kemungkinan Agnez Mo memperoleh kewarganegaraan Indonesia secara tidak sah. Jika hal demikian terjadi, Ditjen Imigrasi juga harus mengecek visa yang dimiliki Agnez Mo.

"Bila orang tua Agnez Mo bukan warga negara Indonesia, bila Agnez Mo berkewarganegaraan Indonesia, maka kewarganegaraan Agnez Mo besar kemungkinan diperoleh secara tidak sah. Bila ternyata Agnez Mo berkewarganegaraan asing, maka Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi harus melakukan pengecekan atas visa yang dimiliki oleh Agnez Mo," tuturnya.

Jika Agnez Mo tak menggunakan visa kerja, berarti selama ini Agnez Mo telah melanggar UU Keimigrasian karena menerima honor sebagai artis. Pemeriksaan oleh Ditjen Imigrasi perlu dilakukan untuk menentukan apakah Agnez Mo perlu dimasukkan daftar tangkal atau tidak.

"Pendalaman oleh Ditjen Imigrasi atas status kewarganegaraan Agnez Mo perlu dilakukan untuk menentukan apakah Agnez Mo perlu dimasukkan ke dalam daftar tangkal untuk masuk ke Indonesia bila saat sekarang ia berada di luar negeri. Bila Agnez Mo masuk dalam daftar tangkal maka Agnez Mo tidak diperbolehkan masuk ke Indonesia sampai namanya dicabut dalam daftar tangkal," tuturnya.

Dalam potongan klip yang menjadi viral, Agnez Mo ditanya soal keberagaman di Indonesia. Agnez Mo kemudian menjawab dirinya hanya lahir di Indonesia.

"Sebenarnya, aku tidak punya darah Indonesia atau apa pun itu. Aku (berdarah) Jerman, Jepang, China, dan aku hanya lahir di Indonesia," ucap Agnes Mo.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Ini kronologi Dua Mobil PCR untuk Surabaya Diserobot Pemprov Jatim

Jumat, 29 Mei 2020
Video

Perahu KN 3 SAUDARA Terhempas Ombak, 1 Orang Nelayan MD

Jumat, 29 Mei 2020
Video

NOORCA M. MASSARDI: Ketika Lebaran

Rabu, 03 Juni 2020

Artikel Lainnya

Untuk Semua Yang Berkulit Hitam John Boyega Membuat Demonstran Black Lives Matter Menitikkan Air Mata
Blitz

Untuk Semua Yang Berkulit Hi..

04 Juni 2020 06:42
Dukung Gelombang Protes Kematian George Floyd, Adele: Marahlah Dengan Benar!
Blitz

Dukung Gelombang Protes Kema..

02 Juni 2020 16:06
Pangeran Harry Dan Meghan Markle Laporkan Lima Serangan Drone Di Atap Rumah Mereka
Blitz

Pangeran Harry Dan Meghan Ma..

29 Mei 2020 10:55
Dilarikan Ke Rumah Sakit Karena Serangan Jantung, Gitaris Queen Khawatir Jangan-jangan Ada Orang Yang Marah Karena Album Sheer Heart Attack
Blitz

Dilarikan Ke Rumah Sakit Kar..

26 Mei 2020 07:20
Selain PNS, DPRD Minta Pemprov DKI Bayarkan THR Petugas PJLP
Blitz

Selain PNS, DPRD Minta Pempr..

19 Mei 2020 13:52
Andre Taulany Dan Rina Nose Dilaporkan Ke Polisi Diduga Hina Marga Latuconsina
Blitz

Andre Taulany Dan Rina Nose ..

19 Mei 2020 13:46
Putrinya Sempat Tertular Covid-19, Matt Damon: Alexia Berhasil Melaluinya Dengan Baik
Blitz

Putrinya Sempat Tertular Cov..

14 Mei 2020 11:47
Ahmad Dhani Jelaskan Asbabun Nuzul Konten IG Al Ghazali Juga Sebab Mengapa Dihapus
Blitz

Ahmad Dhani Jelaskan Asbabun..

13 Mei 2020 16:36