Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Regina Rolanda Tampil Memukau Membawakan Karya Komposer Finlandia

LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Sabtu, 07 Desember 2019, 22:57 WIB
Regina Rolanda Tampil Memukau Membawakan Karya Komposer Finlandia
Regina Rolanda/RMOL
Mengenakan kebaya merah muda hingga menutupi kedua kaki, dipadu kain batik coklat gelap, dengan rambut disanggul sederhana.

Regina Rolanda Wibowo memperlihatkan kepiawaiannya membawakan karya-karya komposer Finlandia, Jean Sibelius, dalam resital piano tunggal di Jaya Suprana School of Performing Arts, Mall of Indonesia, Kelapa Gading, Jakarta, Sabtu sore (7/12).

Regina lahir di Jakarta, 30 Mei 2001. Kini ia tercatat sebagai mahasiswi Bina Nusantara University, jurusan Information System Audit.

Mulai belajar piano sejak usia 6 tahun di bawah bimbingan guru piano Lingganingsih, pada tahun 2017 Regina melanjutkan pelajaran piano di Jaya Suprana School of Performing Arts, dibimbing langsung guru piano Muhammad Iqbal Siddiq.

Karya Sibelius yang dibawakan Regina dengan baik dalam konser tunggal itu antara lain adalah ke-13 bagian dari “Op.76” yang masing-masing memiliki keindahan sendiri, yang meliputi “Esquisse”, “Etude”, “Carillon”, “Humoresque”, “Consolation”, “Romanzetta”, “Affetuoso”, “Piece” “Enfantine”, “Arabesque”, “Elegiaco”, “Linnaea”, “Capriccietto”, dan “Harlequinade”.  

Selain fragmen-fragmen di dalam “Op.76” itu, Regina juga membawakan dengan baik karya Sibelius lainnya, yakni “Movement 1 Allegro”, “Movement 2 Andantino”, “Movement 3 Vivacissimo”, juga “Piano Sonata in F Major Op.12”.

Dua karya maestro Indonesia Jaya Suprana juga dibawakan Regina dengan sangat baik. Keduanya adalah “Untuk Ayla No. 2 Waltz”, dan “Untuk Ayla No. 7 Dangdut”.

Selain budayawan Jaya Suprana dan CEO Kantor Berita Politik RMOL, Teguh Santosa, dan kedua orang tua Regina, resital piano ini juga dihadiri Dutabesar Repulik Finlandia, Jari Sinkari, beserta istri.

Dubes Sinkari dalam sambutan yang disampaikan setelah Regina menyelesaikan semua nomor dalam resital, menjelaskan kaitan antara karya-karya yang ditulis Sibelius dan gerakan kebangsaan dan kemerdekaan Finlandia.

Johan Julius Christian Sibelius lahir pada 8 Desember 1865 di Hameenlinna. Ia adalah komposer yang lahir pada masa peralihan dari akhir era Romantik menuju periode modern awal. Hameenlinna sendiri ketika itu di bawah kekuasaan Kekaisaran Rusia.

Karya-karya yang disusun Sibelius ikut membantu rakyat Finlandia menemukan kembali akar kebangsaan mereka sampai akhirnya negeri di utara benua Eropa itu berhasil memerdekakan diri bersamaan dengan kehancuran Kekaisaran Rusia pada 1917.

Sibelius meninggal dunia pada 20 September 1957. Sejak 2011, Finlandia merayakan Hari Bendera yang juga dikenal sebagai Hari Musik Finlandia pada 8 Desember, tanggal kelahiran Sibelius.

Hal lain yang membuat Dubes Sinkari senang adalah resital piano ini diselenggarakan berdekatan dengan peringatan ulang tahun ke-65 hubungan Finlandia dan Indonesia yang jatuh pada bulan September lalu.

“Dengan demikian, resital piano ini dapat dianggap sebagai resital piano persahabatan antara kedua negara,” ujarnya yang diamini Jaya Suprana dan disambut tepuk tangan hangat tamu dan undangan. 

EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA