'The Eight Hundred' Film Epik Kisah Nyata Pertempuran Shanghai 1937, Rilis Perdana Di Amerika Utara

Salah satu adegan film The Eight Hundred/Net

. Epik perang China 'The Eight Hundred' muncul di layar lebar dalam rilis teater terbatas di Amerika Utara pada Jumat (28/8). Menjadi film blockbuster China pertama yang menyapa penonton saat bioskop dibuka kembali di Amerika Serikat dan Kanada setelah penutupan berbulan-bulan di tengah pandemik.

Film perang visioner yang terkenal ini dirilis oleh CMC Pictures dengan teks bahasa Inggris di lebih dari 90 bioskop terpilih di Boston, Atlanta, Chicago, Denver, Houston, Vancouver, Toronto, dan beberapa kota besar lainnya di Amerika Serikat dan Kanada.

Pasar utama, termasuk New York dan California, akan ditambahkan dalam beberapa minggu mendatang menunggu bioskop dibuka kembali di negara bagian tersebut.

Film garapan sutradara kenamaan Guan Hu yang juga terkenal lewat karyanya 'Mr.Six' ini menelan biaya produksi 80 juta dolar AS.

Film ini dibuat berdasarkan kisah nyata yang menggambarkan pertahanan sebuah gudang tentara Tiongkok melawan invasi tentara Jepang selama Pertempuran Shanghai pada tahun 1937. Meskipun kalah jumlah dan persenjataan oleh musuh, satu batalion yang terdiri dari sekitar 400 tentara, yang dijuluki 'Delapan Ratus Pahlawan', bertahan melawan banyak gelombang pasukan Jepang selama empat hari empat malam.

Seluruh pengambilan gambar film 'The Eight Hundred' digarap dengan kamera IMAX. Di China sendiri film ini telah dirilis pada Juli, sejak bioskop lokal dibuka kembali, dan menjadi rilis teater besar pertama di China.

Data box office yang dikumpulkan oleh Maoyan, sebuah platform tiket film dan data film, menunjukkan bahwa film tersebut telah meraup keuntungan sebesar 1,45 miliar yuan (sekitar 211 juta dolar AS) setelah tujuh hari dirilis di China, meskipun kapasitas teater lokal dibatasi hingga 50 persen karena pandemik yang sedang berlangsung.

Ini telah menjadi film pertama yang menghasilkan lebih dari 1 miliar yuan di pasar box-office terbesar kedua di dunia tahun ini.

Saat ini Film Eight Hundred memiliki rating 9.2 poin dari 10 di platform Maoyan dan rating 7.7 di Douban, sebuah platform review.

"The Eight Hundred pada akhirnya bercerita tentang bagaimana sebuah bangsa dan rakyatnya berkumpul selama masa krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata Guan Hu dalam siaran pers dari CMC Pictures, seperti dikutip dari Xinhua, Jumat (28/8).

"Ini adalah kisah universal yang memiliki relevansi baru di masa sekarang ini. Saya senang CMC Pictures membawa film itu ke penonton Amerika Utara dan berbagi momen inspiratif dalam sejarah China dengan seluruh dunia," tambahnya.

CMC Pictures mengatakan, veteran Hollywood terkemuka juga direkrut untuk berperan di film ini, membantu mewujudkan visi sinematik ambisius sang sutradara.

"CMC Pictures dengan bangga menawarkan kesempatan kepada penonton Amerika Utara untuk menyaksikan 'The Eight Hundred' di layar lebar," kata Julia Zhu, direktur distribusi internasional di CMC Pictures.

"Itu keputusan yang pasti tidak mudah dibuat untuk merilis film laris di Amerika Utara saat ini karena dampak pandemik yang sedang berlangsung pada penonton bioskop dan operasi teater," katanya.

Jaringan distribusi dan pemasaran CMC Pictures mencakup 281 kota di 103 negara di lima benua. Perusahaan ini adalah salah satu perusahaan film terbesar dan paling berpengaruh di Tiongkok dan platform distribusi luar negeri terbesar dan terkemuka untuk film berbahasa Mandarin di dunia.

"Setelah mempertimbangkan dengan cermat, kami memutuskan untuk merilis film secara bertahap berdasarkan lokasi yang berbeda. Industri yang terkepung membutuhkan rilis populer baru untuk menarik kembali penonton," katanya.

Ia berharap film tersebut dapat menanamkan kepercayaan dan energi baru ke pasar film sebagai blockbuster pertama. sejak awal pandemi pada Maret, yang memaksa penutupan besar-besaran bioskop di seluruh dunia.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Jendela Usaha • Laris Manis Saat Ramadhan Dengan Olahan Kolang Kaling

Rabu, 14 April 2021
Video

RMOL WORLD VIEW • Apa Kabar Asia Timur?

Rabu, 14 April 2021
Video

Tanya Jawab Cak Ulung • Apa Kabar Vaksin Nusantara?

Kamis, 15 April 2021

Artikel Lainnya

The Chrismas Pig, Buku Baru JK Rowling Siap Rilis Oktober Tahun Ini
Blitz

The Chrismas Pig, Buku Baru ..

14 April 2021 08:51
Berniat Gantikan Joe Biden, Aktor Laga The Rock Siap Jadi Presiden Amerika Berikutnya
Blitz

Berniat Gantikan Joe Biden, ..

12 April 2021 06:36
Prihatin Banjir Timor Leste, Krisdayanti Unggah Foto Xanana Gusmao Di Lokasi Banjir
Blitz

Prihatin Banjir Timor Leste,..

07 April 2021 15:01
Rita Wilson Ungkap Alasan Dia Dan Tom Hanks Belum Divaksin Covid-19
Blitz

Rita Wilson Ungkap Alasan Di..

06 April 2021 15:03
Nasihat Bamsoet Untuk Mempelai Aurel Dan Atta Halilintar
Blitz

Nasihat Bamsoet Untuk Mempel..

03 April 2021 16:15
Film Dokumenter Protes Pro-Demokrasi Jadi Nominasi, Oscar Tak Ditayangkan Di Hong Kong
Blitz

Film Dokumenter Protes Pro-D..

29 Maret 2021 17:57
Ayah Meghan Markle Kirim Surat Untuk Oprah Minta Diwawancarai
Blitz

Ayah Meghan Markle Kirim Sur..

27 Maret 2021 09:37
PPFI: Prioritas Vaksin Bagi Insan Perfilman Lebih Realistis Untuk Pemulihan Ekonomi
Blitz

PPFI: Prioritas Vaksin Bagi ..

25 Maret 2021 21:21