Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

55 Film Bersaing Untuk Jadi Wakil Indonesia Di Piala Oscar 2021

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 11 September 2020, 10:29 WIB
55 Film Bersaing Untuk Jadi Wakil Indonesia Di Piala Oscar 2021
Rapat Komite Seleksi Film Indonesia yang berlangsung secara daring, Kamis (9/9)/Repro
rmol news logo Proses seleksi film-film Indonesia yang akan dikirim dan bersaing di ajang Piala Oscar ke-93 pada 2021 mendatang telah dimulai. Indonesia akan mengirim film-film terbaiknya di ajang Piala Oscar untuk kategori The International Feature Film Award.

Melalui rapat yang dilakukan secara daring pada Kamis (10/9), Komite Seleksi Film Indonesia yang beranggotakan 13 orang ini sepakat memilih Garin Nugroho sebagai ketua. Rapat juga memilih Titien Wattimena sebagai Sekretaris Komite.

Melalui keterangan tertulisnya, Jumat (11/9), pihak Persatuan Produser Film Indonesia (PPFI) menyebut dalam rapat tersebut juga disepakati beberapa hal. Di antaranya seluruh anggota tim akan menerima daftar yang berjumlah 55 film.

Tim seleksi kemudian melakukan proses penilaian awal mulai 11 hingga 23 September 2020, berbasis daftar film yang dikirim panitia. Setiap anggota komite akan memilih 3-5 film dan dikirim hasilnya pada 23 September 2020.

Soal prosedur memilih dikembalikan pada etika profesional masing-masing anggota dalam menilai dan memilih film. Jika ada anggota yang butuh untuk melihat film yang tidak bisa diakses karena alasan tertentu, panitia wajib menyediakan atau menghubungkan dengan produser film tersebut.

Rencananya, pada 24 September 2020 seluruh anggota akan kembali melakukan rapat virtual untuk melihat paparan hasil pilihan komite seleksi, sekaligus menentukan nominasi serta mendiskusikan hal-hal yang diperlukan. Selain itu, dalam waktu dekat, time line baru akan ditawarkan panitia kepada seluruh anggota.

Untuk diketahui, Indonesia telah berpartisipasi di ajang Piala Oscar untuk kategori Film Fitur Internasional Terbaik sejak 1987. Penghargaan ini diberikan setiap tahun oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences untuk film panjang yang diproduksi di luar Amerika Serikat yang sebagian besar berisi non-Dialog bahasa Inggris.

Hingga 2019, sudah ada 21 film Indonesia yang berhasil masuk dalam Academy Award untuk Film Berbahasa Asing Terbaik, namun tidak ada satupun yang masuk dalam nominasi penghargaan tersebut.

Sutradara Indonesia yang banyak mengirimkan film ke Piala Oscar adalah Nia Dinata. Film "Ca-bau-kan" diajukan Nia Dinata saat penyelenggaraan Academy Awards ke-75 dan "Love for Share" untuk Academy Awards ke-79.

Panitia Oscar sendiri telah mengundang industri film dari berbagai negara untuk mengirimkan film terbaik mereka ke Academy Award untuk kategori Film Berbahasa Asing Terbaik sejak 1956.

Untuk kiriman film berbahasa Indonesia dipilih oleh masyarakat film yang disahkan oleh Panitia Pelaksana Seleksi Oscar Indonesia.

Berikut anggota Komite Seleksi Oscar Indonesia:
1. Alim Sudio
2. Tya Subiakto
3. Benni Setiawan
4. Widyawati
5. Chand Parwez Servia
6. Yudi Datau
7. Deddy Mizwar
8. Zairin Zain
9. Garin Nugroho
10. Hanung Bramantyo
11. Ilham Bintang
12. Sentot Sahid
13. Tittien Wattimena. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA