China Geram, Bintang K-Pop Blackpink Pegang Anak Panda Raksasa Di Korea Selatan

Girlband Blackpink mendapat kecaman dari banyak pihak di China setelah video mereka memegang anak panda tersebar di sosial media/Net

Girlband K-Pop ternama, Blackpink mendapat hujatan dari banyak pihak di China setelah sejumlah video yang menunjukkan mereka memegang anak panda raksasa di Kebun Binatang Everland di Korea Selatan, menyebar di sosial media.

Video yang dimaksud itu menayangkan cuplikan anggota girlband tersebut yang memegang Fu Bao, yakni seekor anak panda pertama yang lahir di Korea Selatan. Video itu diunggah pihak Blackpink ke YouTube bulan ini.

Menurut kantor berita Yonhap Korea Selatan, Fu Bao lahir di taman hiburan Everland Resort, sekitar 20 mil selatan Seoul, dari panda yang dikirim ke negara itu pada tahun 2016 dari provinsi Sichuan di China.

Negeri tirai bambu memang kerap mengirimkan atau meminjamkan panda raksasa mereka ke luar negeri sebagai tanda persahabatan dan kerja sama antara Beijing dan negara-negara lain. Hal ini bahkan kerap dikenal dengan istilah tidak resmi, "diplomasi panda".

Melalui pengiriman panda ke luar negeri, China kerap membina hubungan antar pemerintah sekaligus menawarkan kesempatan kepada orang asing untuk melihat hewan langka tersebut.

Bagi warga China sendiri, panda merupakan hewan yang sangat spesial. Karena itulah, banyak warga China yang geram ketika anggota Blackpink menyentuh anak panda di Kebun Binatang Korea Selatan.

Setelah kebanjiran kecaman, pihak Blackpink pun menarik video tersebut dari platform media sosial.

Salah satu pihak yang lantang menyuarakan kecaman adalah Asosiasi Konservasi Margasatwa China. Mereka mengeluarkan pernyataan yang meminta Kebun Binatang Everland untuk segera menghentikan kontak non-profesional dengan anak panda raksasa.

Mereka mengklaim bahwa kebun binatang tersebut melanggar persyaratan profesional untuk perlindungan panda raksasa dengan mengizinkan anggota Blackpink melakukan kontak dengan hewan tersebut.

"Pada 5 November, Asosiasi Konservasi Satwa Liar China mengirim surat resmi ke Kebun Binatang Everland Korea Selatan setelah kebun binatang tersebut melanggar persyaratan profesional untuk perlindungan panda raksasa karena mengorganisir personel terkait pertunjukan untuk berhubungan dekat dengan anak panda raksasa dan memproduksi program hiburan," kata asosiasi itu dalam sebuah pernyataan, seperti dikabarkan CNN.

"Di sini kami meminta kebun binatang untuk berhenti memutar dan menyebarkan video konten terkait. (Kami menyarankan kepada kebun binatang bahwa) perlu lebih memperkuat manajemen, manajemen ilmiah dan perlindungan, dan secara tegas mencegah insiden seperti itu terjadi lagi," sambung pernyataan yang sama.

Kolom Komentar


Video

Sosok Mayat Mengapung di Sungai Gegerkan Warga Grobogan

Minggu, 22 November 2020
Video

Laporkan Rektor ke KPK, Frans Josua Napitu Dirumahkan oleh UNNES

Senin, 23 November 2020
Video

Copot Baliho Habib Rizieq Tak Berizin oleh Satpol PP Kota Semarang

Senin, 23 November 2020

Artikel Lainnya

Jadi Waketum PARFI, Paramitha Rusady Minta Dukungan Jokowi
Blitz

Jadi Waketum PARFI, Paramith..

23 November 2020 00:58
Film 'Hold-Up' Bertema Teori Konspirasi Covid-19 Hebohkan Prancis
Blitz

Film 'Hold-Up' Bertema Teori..

19 November 2020 08:20
Penyanyi Dolly Parton Donasi 1 Juta Dolar AS Untuk Dukung Vaksin Covid-19 Moderna
Blitz

Penyanyi Dolly Parton Donasi..

18 November 2020 10:01
Drama Nikita Mirzani, Berseteru Dengan Habib Dan Kini Disebut Dalang Kasus Penganiayaan Oleh Mantan Kekasih
Blitz

Drama Nikita Mirzani, Berset..

17 November 2020 20:20
Nikita Mirzani Diduga Bayar Pelaku Penganiayaan Mami Isa Zega Rp 20 Juta?
Blitz

Nikita Mirzani Diduga Bayar ..

16 November 2020 21:48
Stevie Wonder Hingga Celine Dion Gelar Konser Virtual Untuk Para Petugas Medis
Blitz

Stevie Wonder Hingga Celine ..

15 November 2020 13:55
China Geram, Bintang K-Pop Blackpink Pegang Anak Panda Raksasa Di Korea Selatan
Blitz

China Geram, Bintang K-Pop B..

12 November 2020 16:36
Siap-siap, Lady Gaga Dan John Legend Akan Temani Joe Biden-Kamala Harris Pada Malam Pemilihan
Blitz

Siap-siap, Lady Gaga Dan Joh..

02 November 2020 13:25