Farah.ID
Farah.ID

Miliarder Yusaku Maezawa Akan Jadi Orang Jepang Pertama Yang Berwisata Ke Luar Angkasa Bersama Tim Rusia

LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 14 Mei 2021, 12:21 WIB
Miliarder Yusaku Maezawa Akan Jadi Orang Jepang Pertama Yang Berwisata Ke Luar Angkasa Bersama Tim Rusia
Miliarder Jepang, Yusaku Maezawa, akan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada bulan Desember mendatang/Net
Rusia saat ini diketahui sedang berusaha untuk meningkatkan program luar angkasanya yang telah mengalami stagnasi sejak runtuhnya Uni Soviet dan kepopulerannya telah diambil alih oleh Space X, perusahaan milik miliarder teknologi AS, Elon Musk.

Sebagai upaya untuk membangkitkan kembali programnya itu, badan antariksa Rusia Roscosmos pada Kamis (13/5) mengatakan bahwa mereka akan mengirimkan Yusaku Maezawa, seorang miliarder Jepang eksentrik ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada bulan Desember mendatang.

AFP melaporkan pada Jumat (14/5), Maezawa (45) yang meraup keuntungan dari bisnis retail online, mengatakan bahwa dia berencana untuk mendokumentasikan misi tersebut dan membagikannya kepada dunia melalui saluran YouTube-nya yang memiliki lebih dari 700.000 pelanggan.

Roscosmos mengatakan Maezawa akan melakukan penerbangan dengan asisten produksi Yozo Hirano di atas pesawat ruang angkasa Soyuz MS-20 yang dijadwalkan pada 8 Desember.

“Saya sangat penasaran 'Seperti apa kehidupan di luar angkasa?' Jadi, saya berencana untuk mencari tahu sendiri dan berbagi dengan dunia di saluran YouTube saya,” kata Maezawa seperti dikutip oleh Roscosmos.

Miliarder eksentrik itu sebelumnya telah mengumumkan rencana untuk membawa delapan orang bersamanya dalam misi 2023 mengelilingi bulan dengan pesawat luar angkasa Starship yang dibangun oleh Musk SpaceX.

Maezawa dan produser film Hirano akan memulai pelatihan pra-penerbangan sekitar tiga bulan pada bulan Juni di Pusat Pelatihan Kosmonot Yuri Gagarin di Star City di luar Moskow. Mereka telah lulus pemeriksaan kesehatan yang dipersyaratkan.

Roscosmos mengatakan penerbangan akan berlangsung selama 12 hari dan kru akan dipimpin oleh Kosmonot Alexander Misurkin, yang telah menjalankan dua misi ke ISS.

Sebanyak delapan pelancong ruang angkasa yang didanai sendiri telah mengunjungi ISS dan Maezawa akan menjadi yang pertama dari Jepang. Penerbangannya juga akan menjadi yang pertama kalinya dua dari tiga titik di roket Soyuz akan ditempati wisatawan.

“Kami sangat senang dengan Maezawa-san dan kami merasa terhormat telah memungkinkan kesempatan ini baginya untuk terbang ke luar angkasa,” kata Eric Anderson, CEO Space Adventures, sebuah perusahaan penerbangan luar angkasa swasta.

Ini telah bekerja sama dengan Roscosmos sejak penerbangan wisata luar angkasa pertama pada tahun 2001.

Maezawa akan menjadi turis luar angkasa pertama yang melakukan perjalanan ke ISS sejak 2009 ketika Guy Laliberte dari Kanada, salah satu pendiri Cirque du Soleil, melakukan perjalanan ke stasiun tersebut.

Menurut majalah Forbes, wisatawan luar angkasa dapat membayar antara 20 hingga 35 juta dolar AS per orang selama 8-12 hari di luar angkasa. Biaya penerbangan Maezawa sendiri belum diungkapkan.

Dimulainya kembali penerbangan wisata terjadi setelah Roscosmos kehilangan monopoli dalam mengangkut kru ke ISS ketika roket SpaceX yang dapat digunakan kembali tahun lalu berhasil mengirim astronot NASA ke luar angkasa.

Industri luar angkasa Rusia telah mengalami sejumlah kemunduran dalam beberapa tahun terakhir, mulai dari skandal korupsi hingga pesawat luar angkasa yang hilang hingga lepas landas yang dibatalkan selama misi berawak pada tahun 2018.

Roket Soyuz Rusia yang menua dapat diandalkan dan memungkinkan Moskow tetap relevan dalam industri luar angkasa modern, tetapi negara itu berjuang untuk berinovasi dan mengikuti pemain kunci lainnya. 
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA