Farah.ID
Farah.ID

Tak Mau Kalah Saing Dari AS, Rusia Siap Bikin Film Di Luar Angkasa

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 15 Mei 2021, 12:49 WIB
Tak Mau Kalah Saing Dari AS, Rusia Siap Bikin Film Di Luar Angkasa
Ilustrasi/Net
Badan angkasa Rusia Roscosmos pada Kamis (13/5) mengumumkan bahwa pihaknya akan mengirim aktris dan sutradara ke luar angkasa untuk membuat film fitur pertama di kosmos.

Pengumumuman terbaru Roscosmos soal proyek film luar angkasanya itu datang setelah badan antariksa AS NASA pada tahun lalu mengonfirmasi bahwa pihaknya bekerja sama dengan bintang laga AS Tom Cruise yang juga akan membuat film di ISS.

“‘Drama luar angkasa’ Rusia, yang diberi judul ‘Challenge’ ini akan menampilkan aktris populer Rusia berusia 36 tahun Yulia Peresild dan Klim Shipenko, seorang sutradara sekaligus aktor berusia 37 tahun yang berpendidikan AS,” kata Roscosmos, seperti dikutip dari AFP, Jumat (14/5).

Mereka harus menjalani pelatihan, termasuk tes pada sentrifus, lompatan parasut dan penerbangan dalam gravitasi nol, paling lambat 1 Juni mendatang. Maket segmen Rusia dari ISS akan digunakan untuk mempersiapkan kru film untuk memberi pengalaman petualangan luar angkasa kepada mereka.

Peluncuran dari kosmodrom Baikonur di Kazakhstan dengan pesawat ruang angkasa Soyuz MS-19 telah ditetapkan pada 5 Oktober mendatang.

“Doakan kami beruntung,” kata Peresild dalam sebuah posting di Instagram.

Film ini diproduksi bersama oleh kepala flamboyan Roscosmos, Dmitry Rogozin, dan jaringan yang dikelola negara, Channel One.

Direktur umum Channel One, Konstantin Ernst mengatakan film itu adalah bagian dari proyek besar - yang juga akan mencakup produksi film dokumenter - untuk membantu orang Rusia menemukan kembali ‘cinta dan gairah’ untuk program penerbangan luar angkasa manusia.

“Jika orang menyukai industri tertentu maka energi ini disalurkan ke dalam proses ini,” kata Ernst dalam sambutannya di televisi.

Di hari yang sama Moskow juga mengumumkan akan menerbangkan miliarder asal Jepang Yusaku Maezawa untuk berwisata ke luar angkasa.

Industri luar angkasa Rusia telah mengalami sejumlah kemunduran dalam beberapa tahun terakhir, mulai dari skandal korupsi hingga pesawat luar angkasa yang hilang hingga lepas landas yang dibatalkan selama misi berawak pada tahun 2018.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA