Farah.ID
Farah.ID

Pangeran Harry Beberkan Pertarungan Kesehatan Mentalnya Pasca Kepergian Sang Ibu

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 22 Mei 2021, 09:07 WIB
Pangeran Harry Beberkan Pertarungan Kesehatan Mentalnya Pasca Kepergian Sang Ibu
Acara siaran Pangeran Harry dengan prah Winfrey/Net
Tidak banyak yang tahu bahwa Pangeran Harry hingga saat ini masih menghadapi trauma atas kecelakaan yang merenggut nyawa ibunya, Putri Diana. Hal yang kemudian menggiringnya pada kehidupan carut marut dan tenggelam dalam pesta minuman keras.

"Ini adalah mimpi buruk dalam hidupku," ujar Pangeran Harry, yang mengisahkan sisi kelam hidupnya pasca kepergian sang ibu dalam siarannya bersama Oprah Winfrey 'The Me You Can't See'.

Duke of Sussex membuka tentang pertarungan kesehatan mentalnya sendiri. Mengajak pemirsa kembali ke tahun 1997 ketika dia dan saudaranya, Pangeran William, shock setelah kematian ibu mereka, dan bagaimana keduanya harus menepikan diri dari hingar bingar pemberitaan tentang sang ibu dan kecelakaan tragis itu.

Ia masih berusia 12 tahun saat peristiwa mengerikan itu terjadi. Ia harus melewati terapi untuk menyembuhkan trauma dan ketergantungannya kepada minuman keras.

Oprah Winfrey mengatakan ia terkejut ketika Pangeran Harry pertama kali mengajukan diri menjadi bagian dari acara barunya, siaran tentang kesehatan mental.

"Ketika saya berbicara dengannya tentang apakah dua masalah terpenting dalam hidupnya, dia berkata, 'perubahan iklim dan kesehatan mental'," kisah Winfrey seperti dikutip dari CBC, Jumat (21/5).

"Dan saya mulai bercerita kepadanya tentang serial yang saya lakukan dengan Apple TV + ini. Lalu dia berkata lagi, 'jika Anda membutuhkan bantuan dengan serial itu, beri tahu saya'," kata Winfrey.

The Me You Cants See adalah film dokumenter multi-bagian yang mengeksplorasi kesehatan mental, diceritakan oleh orang-orang dengan kisah nyata mereka, baik publik figur maupun masyarakat lainnya, yang berjuang dengan kesejahteraan emosional.

Walaupun ia dan Pangeran Harry berasal dari latar belakang yang berbeda, tetapi keduanya bisa bersinerji dalam acara ini.

"Kami bahkan mengatakan itu dalam serial. Tidak masalah apakah Anda lahir di kastil, atau, Anda tahu, lahir dimana pun," kata Winfrey.


EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA