Farah.ID
Farah.ID

Single 'Butter' Milik BTS Mantap Bertengger Di Puncak Billboard Lima Minggu Berturut-turut

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 29 Juni 2021, 13:48 WIB
Single 'Butter' Milik BTS Mantap Bertengger Di Puncak Billboard Lima Minggu Berturut-turut
BTS/Net
Boyband fenomenal asal Korea Selatan BTS berhasil mempertahankan posisi teratas di tangga lagu utama Billboard selama lima minggu berturut-turut lewat single terbaru mereka 'Butter'.

Pencapaian boyband yang sempat membuat heboh publik tanah air dengan BTS Meal-nya itu diunggah oleh Billboard di akun Twitternya pada Senin (28/6).

"'Butter' bertahan di No. 1 dengan 12,4 juta streaming AS dan 128.400 unduhan terjual (naik 15 persen) dalam pekan yang berakhir 24 Juni. Ini juga menarik 27,6 juta tayangan pemirsa siaran radio (naik 6 persen) dalam pekan yang berakhir 27 Juni," cuitnya, seperti dikutip dari Yonhap, Selasa (29/6).

"Dari 54 lagu dalam sejarah yang debut di No. 1 di #Hot100, 'Butter' adalah yang ke-11 yang menghabiskan lima minggu pertamanya di No. 1," tambahnya.

'Butter' adalah lagu BTS yang menduduki puncak Hot 100 untuk periode terlama. Ini juga merupakan lagu pertama sejak lagu pop Amerika Mariah Carey dan lagu Boyz II Men tahun 1995 'One Sweet Day' yang menghabiskan waktu terlama sebagai nomer satu di Hot 100 sejak debutnya. Lagu duo ini tercatat menduduki posisi teratas selama 16 minggu berturut-turut.

Di tingkat regional, BTS minggu lalu menjadi artis Asia pertama yang mencapai No. 1 selama empat minggu berturut-turut. Sebelumnya, penyanyi Jepang Kyu Sakamoto memegang gelar tersebut dengan 'Sukiyaki' pada tahun 1963.

Single 'Butter' dirilis pada 21 Mei lalu, membawa genre dance-pop yang bersemangat yang diharapkan grup tersebut akan memberikan energi yang baik selama pandemi global virus corona.

Setelah dirilis, lagu ini menduduki puncak tangga lagu teratas iTunes di lebih dari 100 wilayah, serta tangga musik di Korea Selatan dan Jepang, sehari setelah dirilis.

Di YouTube dan Spotify, platform terbesar di dunia, 'Butter' memperoleh 20,9 juta streaming pada hari pertama perilisannya, menandai streaming terbanyak dalam satu hari dalam sejarah Spotify.

Single berbahasa Inggris ini juga mengumpulkan 108,2 juta penayangan di YouTube dalam 24 jam pertama perilisannya, melebihi jumlah single 'Dynamite' dengan 101,1 juta penayangan.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA