Farah.ID
Farah.ID

Bangkrut, Aktris Serial TV India Terkenal Ini Minta Bantuan Teman-temannya

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 08 Juli 2021, 07:16 WIB
Bangkrut, Aktris Serial TV India Terkenal Ini Minta Bantuan Teman-temannya
Aktris India Shagufta Ali/Net
Aktris India Shagufta Ali yang terkenal di Indonesia karena perannya dalam serial TV Veera, mengisahkan saat-saat tersulit dalam kehidupannya.

Di saat artis-artis lain berada dalam tekanan lockdown atau penguncian karena pandemi, Shagusta justru telah lama berada dalam masa-masa 'lockdown' sejak empat tahun lalu.

"Saya berjuang dalam masa-masa paling sulit, karir yang redup, keuangan yang kering, serta kesehatan yang memburuk," katanya dalam wawancara teleivi, seperti dikutip dari Hindustimes, Rabu (7/7).

Selain sebagai penyintas kanker, Shagufta juga menderita diabetes akut sejak enam tahun lalu, bersamaan dengan saat-saat ia mulai kehilangan peran-perannya.

"Sejak 2018 saya nyaris tidak lagi mendapatkan peran," kata aktris 54 tahun itu.

Penyakit yang menggerogoti tubuh, pengobatan yang mahal, tidak ada pekerjaan, membuatnya jatuh dalam kesulitan yang sangat dalam. Ia benar-benar jatuh miskin.  

"Ini adalah perawatan yang lama dan mahal, yang membuat saya menghadapi masalah keuangan. Jadi saya akhirnya membuka diri kepada teman-teman di industri (film), meminta bantuan karena saya tidak dapat melanjutkan pengobatan dan juga kehidupan tanpa dukungan," kata Shagufta.

Ia memahami, pandemi juga telah berdampak kepada kehidupan semua orang dan beberapa rekannya juga terkena imbas. Namun, apa daya. Dengan menebalkan wajah ia menghubungi beberapa rekan untuk membantunya.

"Pandemi ini sulit bagi semua orang, dan saya telah melalui kesulitan ini, 'terkunci' selama lebih dari empat tahun terakhir," tambahnya.

Rekan-rekan yang sering mmebantunya antara lain adalah pembawa acara Savdhaan India Sushant Singh dan Neena Gupta, yang juga adalah lawan mainnya dalam salah satu produksi.

Penguncian nasional yang disebabkan oleh virus corona sejak tahun lalu memperburuk keadaan Shagufta. Kekhawatiran terus-menerus untuk bertahan hidup berdampak pada kesehatannya, membuat kadar gula darah naik dan merusak matanya.

"Ketika saya tidak lagi memiliki pekerjaan, tingkat stres saya meningkat, dan penyakit diabetes saya juga ikut naik. Itu meningkatkan diabetes saya," kata Shagufta.

Mulanya ia mencoba bertahan hidup dengan menjual mobil dan perhiasan. Lama-kelamaan barangnya habis sementara hidup harus tetap berputar. Belum lagi untuk biaya pengobatannya.

"Saya terpaksa harus meminta bantuan kepada teman-teman...," katanya sendu.

“Saya tidak pernah berpikir bahwa setelah bekerja selama 36 tahun, saya akan menghadapi situasi seperti sekarang. Saya harap tidak ada yang pernah menghadapi masa-masa sulit seperti itu. Saya hanya berdoa agar Tuhan membantu saya dan semua orang yang mengalami masa sulit.”
Shagufta memulai karirnya pada 1980-an. Ia tampil di beberapa film dan serial tivi.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA