Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Menyesal dan Patah Hati atas Ulahnya Sendiri, Will Smitt Mundur dari Panggung Oscar

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 02 April 2022, 11:58 WIB
Menyesal dan Patah Hati atas Ulahnya Sendiri, Will Smitt Mundur dari Panggung Oscar
Aksi Will Smitt saat menampat Chris Rock di panggung Oscar/Net
Penyesalan selalu datang terlambat. Itu juga yang dirasakan aktor pemeran 'Man in Black', Will Smith.

Dalam sebuah pernyataan yang penuh haru ia menyampaikan permohonan maaf atas peristiwa 'tamparan di atas panggung Oscar' dan menyatakan pengunduran dirinya.

"Saya mengundurkan diri dari keanggotaan di Academy of Motion Picture Arts and Sciences, dan akan menerima konsekuensi lebih lanjut yang dianggap pantas oleh Dewan," katanya, dalam sebuah pernyataan tertulis menurut laporan Variety, Jumat (31/3).

Smitt mengakui, apa yang dilakukannya telah membuat kehebohan dan menyakiti banyak orang.

"Tindakan saya pada presentasi Academy Awards ke-94 itu tidak bisa dimaafkan. Saya sangat menyesal, hati saya remuk...," akunya.

Permohonan maaf dan mengunduran diri Smith datang menyusul kabar bahwa Akademi telah memulai proses disipliner terhadap aktor kelahiran Philadelphia itu. Smith kemungkinan menghadapi pengusiran atau penangguhan sebagai hukuman yang mungkin dilakukan oleh Akademi.

Dewan kepemimpinan akademi bertemu pada Rabu (30/3) untuk memulai proses tersebut.

Pekan lalu, aksi Smith yang menampar Chris Rock di panggung Oscar menghebohkan para hadirin di Academy Awards ke-94, serta jutaan umat manusia yang menonton dari rumah.

Mulanya, Chris Rock menyapa para hadirin termasuk keluarga Smitt. Ia kemudian membuat lelucon tentang penampilan istri Smith, Jada Pinkett Smith.

Jada yang berpenampilan plontos dikomentari dengan canda oleh Rock, dengan mengatakan mirip seperti aktor Demi Moore di "GI Jane".

"Saya tidak sabar menunggu GI Jane 2," kata Rock.

Smith tidak terima dengan candaan itu, karena isterinya bukan memilih untuk menjadi plontos tetapi karena rambut rontok akibat menderita alopecia.

Smitt tiba-tiba berjalan ke atas panggung, menghampiri Rock dan menampar wajahnya. Insiden itu menimbulkan kehebohan di media sosial dan di kalangan hiburan.

“Saya mengkhianati kepercayaan dari Akademi,” ujar Smith. “Saya telah merampas kebahagiaan nominasi dan pemenang lain dari kesempatan mereka untuk merayakan dan dirayakan atas pekerjaan luar biasa mereka di malam itu. Aku menyesal."

"Daftar orang-orang yang saya sakiti sangat panjang dan termasuk Chris, keluarganya, banyak teman dan orang yang saya cintai, semua yang hadir, dan audiens global di rumah," lanjut Smitt.

Presiden akademi film David Rubin mengatakan pengunduran diri Smith diterima. Namun begitu, proses disipliner atas pelanggaran Standar Perilaku Akademi yang dilakukan Smitt, tetap berjalan.

Smith akan bergabung dengan sekelompok kecil pria yang dikeluarkan dari akademi, seperti Harvey Weinstein, Roman Polanski, Bill Cosby dan aktor Carmine Caridi, yang dikeluarkan karena berbagai permasalahan yang melanggar aturan Akademi.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA