Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gapai Berkah Ramadhan, Fryda Lucyana Rilis Single Religi "Rindu Ramadhan"

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 17 April 2022, 21:59 WIB
Gapai Berkah Ramadhan, Fryda Lucyana Rilis Single Religi "Rindu Ramadhan"
Fryda Lucyana/Repro
rmol news logo Bulan suci Ramadhan kerap dijadikan momen bagi para penyanyi maupun musisi tanah air untuk unjuk karya mereka. Itulah yang tengah dilakukan penyanyi Fryda Lucyana yang selama ini dikenal sebagai penyanyi penuh penghayatan dan terkenal dengan lagunya "Rindu", hasil besutan maestro musik Erros Djarot. Kali ini Fryda mengeluarkan single religi berjudul "Rindu Ramadhan".
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Lagu yang bernuansa religi ini menceritakan tentang perasaan seorang hamba selama bulan suci Ramadhan terhadap kerinduannya untuk bertemu kembali dengan Ramadhan berikutnya.

Vokal Fryda yang sangat khas dan punya karakteristik tersendiri merupakan modal utama yang sangat pas saat membawakan lagu "Rindu Ramadhan". Era 90-an merupakan masa keemasan Fryda dan lagu-lagunya melegenda hingga saat ini.

Dalam penggarapan lagu "Rindu Ramadhan" ini, tak tanggung-tanggung Fryda menggaet Sandy Canester untuk dalam waktu yang sangat singkat memproduksi musik maupun video liriknya.

Hal ini perlu diapresiasi dengan acungan jempol untuk kerja keras di tengah kesibukannya yang sangat padat, baik sebagai ASN di Sekretariat Negara maupun beragam aktivitas lain, termasuk menjaga kesehatannya, Fryda mampu menghasilkan karya yang indah ini.

Sandy Canester pun bukan musisi sembarangan. Selain sebagai penyanyi, beberapa lagu karyanya sangat dikenal di blantika musik Indonesia. Seperti "Lirih" yang dinyanyikan Ari Lasso, "Aku Mau" dinyanyikan Once, dan "Cinta Putih" dibawakan Kerispatih.

Kali ini Sandy selaku produser musik dan sekaligus penata musik lagu "Rindu Ramadhan" berkolaborasi dengan Fryda Lucyana. Sandy mempersiapkan lagu ini dengan matang agar karya lagu ini dapat dinikmati khalayak ramai dan dapat diterima para penikmat musik Indonesia.

Tak disangka, pencipta lagu "Rindu Ramadhan" adalah Mohammad Rudiansyah, seorang dokter spesialis penyakit dalam konsultan ginjal dan hipertensi di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yang juga sekaligus berperan sebagai produser eksekutif dan meminta Fryda untuk menyanyikannya.

Rudiansyah menciptakan lagu ini ketika mengalami perasaan yang begitu mendalam di akhir Ramadhan 1443 H, merasakan kerinduan akan bertemu kembali bulan suci yang penuh dengan rahmat dan maghfiroh Allah bagi hamba-Nya.

Di saat itu tidak tahu takdir apakah masih diberikan umur panjang untuk bertemu dengan Ramadhan berikutnya, apalagi di masa pandemi yang sedang melanda.

Mohammad Rudiansyah, di balik kesibukannya sebagai seorang dokter masih menyempatkan diri untuk berkarya seni. Bukan suatu kebetulan lagu ciptaannya ini dibawakan seorang penyanyi kenamaan Fryda Lucyana. Mereka merupakan teman lama sejak pertama bertemu pada Jambore Nasional di Cibubur tahun 1986 silam.

Mereka sempat kehilangan kontak lebih dari 30 tahun pasca Fryda bertolak ke Belgia untuk mengikuti program pertukaran pelajar AFS, silaturahmi antara keduanya kembali terjalin satu setengah tahun belakangan.

Dipertemukan secara virtual, mereka sempat webinar bareng tentang Kebiasaan Baru menghadapi Pandemi pada tahun lalu, kerjasama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Kalimantan Selatan, dimana dr. Mohammad Rudiansyah adalah Ketua IDI Wilayah Kalsel dan Fryda diundang sebagai bintang tamu untuk sharing pengalamannya sebagai penyintas Covid-19.

Lagu "Rindu Ramadhan" telah dirilis pada hari Jumat malam kemarin (15/4). Meski secara awal sudah diperkenalkan pada 10 April 2022 saat pertama kalinya direkam di studio rekaman di Jakarta.

Diharapkan lagu yang dirilis pada hari Jumat yang penuh berkah dapat diterima dengan baik di kalangan masyarakat luas. Khususnya dalam menemani hari-hari di bulan Suci Ramadhan ini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA