Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Komedian Bill Cosby Dinyatakan Bertanggung Jawab atas Kasus Pelecehan Seksual Tahun 1975

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 22 Juni 2022, 13:04 WIB
Komedian Bill Cosby Dinyatakan Bertanggung Jawab atas Kasus Pelecehan Seksual Tahun 1975
Bill Cosby/Net
Komedian kawakan Bill Cosby dinyatakan bertanggung jawab oleh hakim California pada Selasa (21/6) atas pelecehan seksual terhadap seorang wanita di Playboy Mansion pada tahun 1975 ketika dia masih remaja.

Atas keputusan tersebut, sang korban Judy Huth diberi 500.000 dolar AS sebagai ganti rugi atas tekanan emosional yang dia alami selama bertahun-tahun.

Huth bersaksi bahwa Cosby yang juga menghadapi tuduhan pelecehan seksual itu mengundangnya dan seorang teman ke Playboy Mansion ketika dia berusia 16 tahun. Saat itu sang komedian yang berusia 37 tahun memaksanya untuk melakukan tindakan seks.

Cosby, yang tidak hadir secara langsung di persidangan, membantah tuduhan tersebut.

Dalam video pembelaan yang ditunjukkan kepada hakim, Cosby mengatakan dia tidak ingat siapa Huth. Namun, dia mengatakan insiden itu tidak mungkin terjadi karena dia tidak akan melakukan kontak seksual saat itu dengan seseorang yang berusia di bawah 18 tahun.
Pengacara Cosby Jennifer Bonjean menantang Huth selama persidangan, termasuk garis waktu yang direvisi.

Ketika gugatan diajukan pada Desember 2014, Huth mengatakan insiden itu terjadi pada 1974, ketika dia berusia 15 tahun. Dia mengatakan kepada juri bahwa dia baru-baru ini menyimpulkan bahwa dia telah keliru tentang tahun tersebut dan sekarang percaya itu terjadi pada tahun 1975. Huth sekarang berusia 64 tahun.

Pengadilan sipil di California berlangsung 11 bulan setelah Cosby dibebaskan dari penjara ketika pengadilan tertinggi Pennsylvania membatalkan hukuman penyerangan seksualnya dalam kasus pidana yang berbeda di sana.

Cosby (84) terkenal karena perannya sebagai suami dan ayah yang menyenangkan dalam serial komedi televisi 1980-an "The Cosby Show," yang membuatnya mendapat julukan "America's Dad."

Tetapi reputasinya yang ramah keluarga hancur setelah lebih dari 50 wanita menuduhnya melakukan serangan seksual selama hampir lima dekade.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA